Pemerintah USA Jamin Investasi Cina Aman


TEMPO Interaktif, Amerika Serikat menjamin investasi Cina di negerinya bakal aman kendati negeri itu dirundung utang yang cukup berat.

Keterangan itu disampaikan oleh Gary Locke, Duta Besar Amerika Serikat untuk Cina, ketika memberikan kata sambutan saat tiba di Negeri Tirai Bambu. Menurutnya, kedua negara sangat perlu meningkatkan kerja sama di segala bidang.

Cina, jelasnya lagi, merupakan negara pemegang saham terbesar terhadap utang Amerika Serikat, terutama ketika negerinya menghadapi krisis keuangan yang luar biasa berat. "Bahkan, kalau krisis ini tak terselamatkan, maka akan berdampak pada perekonomian dunia," ujarnya.

Locke menambahkan, dalam beberapa hari ini masyarakat mulai berbondong-bondong mendatangi pasar saham dan kembali memborong saham. Hal itu jelas mengindikasikan bahwa investasi di Amerika Serikat aman dan nyaman. "Ekonomi kami sangat kuat," imbuhnya.

Berbicara perannya di Cina, Locke dengan merasa mendapatkan kehormatan karena menjadi orang keturunan Cina-Amerika Serikat yang ditunjuk untuk menduduki pos duta besar di Beijing.

Pria berusia 61 tahun itu merupakan putra seorang imigran Cina di Amerika Serikat. Dia sebelumnya seorang sekretaris perdagangan Amerika Serikat menggantikan Jon Hunstman yang mengundurkan diri April lalu untuk bertarung dalam pemilihan presiden Amerika Serikat 2012 mendatang.

Tugas pertama Locke di Cina adalah menyiapkan kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Bidden yang akan tiba di Cina pada pekan ini. Presiden Barack Obama berharap dengan penunjukan Locke ini, hubungan Cina dan Amerika Serikat kian meningkat.

"Meskipun hubungan Cina dan Amerika Serikat mengalami pasang surut, tapi jika rakyat kami, para pengusaha, ilmuwan, dan para mahasiswa benar-benar siap bekerja sama, maka kita bisa memecahkan berbagai masalah di antara kedua negara, termasuk dunia," pungkasnya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More